Want To Know

Masih Belajar Blog

Mubarak Sakit Tapi Kaya

Tidak seperti Jendral Muhammad Soeharto, bekas orang kuat Indonesia yang, setelah terguling pun, bisa tenang tinggal di rumah pribadinya di jantung Ibu Kota Negara, Jendral Hosni Mubarak lebih tidak beruntung. Kendati tak harus meninggalkan negaranya, Mubarak harus menepi dari Kairo, dan tinggal sementara di Sharm El-Sheikhm, sekitar 400 kilometer dari ibu kota. Sialnya lagi, kantor berita Al-Masry Al-Youm melaporkan, Mubarak kini sedang sakit. “Ia menderita secara psikologis”, katanya. Mubarak, ujar media itu, menolak minum obat atau diperiksa oleh dokter.

Guncangan mental yang dialami Mubarak disebut-sebut juga diperparah oleh pertengkaran diantara putra-putranya, Gamal dan Alaa Mubarak. Alaa, yang lebih tua, menyalahkan Gamal karena sang adik memasukkan para pengusaha kroninya, yang tidak cakap ke kabinet. Dan itulah yang diyakini Alaa sebagai penyebab jatunya Mubarak.

Sang mantan presiden sendiri memang  sejak sepertinya kurang sehat sejak beberapa bulan terakhir. Maret 2010, Mubarak menjalanai operasi radang empedu di sebuah klinik Jerman. Sameh Shoukry, Duta Besar Mesir untuk Amerika, juga menyatakan, Mubarak kemungkinan berada dalam kondisi kesehatan yang buruk.

Selain kabar bahwa Mubarak sakit, muncul pula laporan bahwa Mubarak telah mentransfer kekayaan yang sangat besar ke bank-bank di luar negeri. Nilainya US$ 70 milya (Rp 630 triliun) – nyaris separuh APBN Indonesia. Jika laporan itu benar, maka Mubarak pantas dinyatakan sebagai pria terkaya di dunia.

Amaney Jamal, pengajar ilmu politik di Universitas Princeton, Amerika, menyataka, masa kekuasaan Mubarak selama 30 tahun memberi jalan bagi sang diktator untuk mengumpulkan duit yang banyak. Tapi US$ 70 milyar rasanya agak sulit dibayangkan. Bahkan Raja Abdullah dari Arab Saudi pun “hanya” punya kekayaan US$ 19 miliar dan Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunai punya US$ 20 miliar. US$ 70 miliar terlalu besar untuk Mubarak.

Filed under: Tokoh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS ELLE

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Fashion Magazine

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Berita Terkini

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: